SELAMAT DATANG DI BLOG SUB BAGIAN PROGRAM & DATA KPU KAB HULU SUNGAI SELATAN

Senin, Desember 19, 2011

Sarasehan dan Sosialisasi KPU RI Bersama KPU Kabupaten Klaten
  Jakarta, kpu.go.id- Sarasehan dan Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bersama KPU Kabupaten Klaten pada senin (12/12) dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Klaten, Ngatimin Sumarto Prawiro.


Dalam acara sarasehan tersebut hadir pula Anggota KPU RI Sri Nuryanti, selaku narasumber yang akan melakukan supervisi atau monitoring dalam peningkatan partisipasi masyarakat atau terkait dengan pendidikan pemilih yang telah dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Klaten. 

Dalam Sarasehan yang diadakan oleh KPU Kabupaten Klaten itu, Sri Nuryanti mengungkapkan, KPU dalam  melaksanakan pemilu legislatif dan pemilu presiden telah melaksanakan sosialisasi yang intensif walau dengan anggaran yang terbatas.

“Pendidikan pemilih masuk ke dalam sosialisasi sebagai tugas KPU untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Sebab jika pemilih tidak diberikan pendidikan yang baik maka pemilih “ogah-ogahan” datang ke TPS,” ujarnya.

Salah satu kegiatan dalam peningkatan partisipasi masyarakat yang sudah dilakukan oleh KPU pada bulan November adalah Lomba Design Poster dan Flyer tingkat nasional. “Saya fikir daerah bisa menggunakan desain untuk Pemilukada dalam meningkatkan partisipasi masyarakat, dengan menggunakan poster-poster dengan bahasa lokal,” ungkapnya.

Ia mencontohkan, meningkatkan partisipasi masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara kreatif, seperti penggunaan media massa, mengangkat kesenian tradisonal setempat, lomba cerdas cermat tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas), Kelas Pemilu, TOT guru-guru PKN dan Pemilos (pemilihan Ketua Osis).

Pada tahun yang akan datang, menurut Sri Nuryanti, tugas KPU akan menjadi lebih berat karena tingkat partisipasi untuk pemilih diharapkan dapat mencapai 75 persen.

“Jadi, Kabupaten Klaten yang tingkat partisipasinya baru mencapai 62 persen, perlu dicarikan alternatif kegiatan agar masyarakat Klaten mau datang ke TPS,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar